https://kupasi.org/2023/11/06/bma-2023-kendaraan-aman-dengan-asuransi/
Oleh: Nina Fathdini
Tinggal di Jakarta dan daerah rawan banjir, menggerakan saya untuk harus punya asuransi kerugian khususnya asuransi mobil. Teringat pada masa itu sekitar tahun 2020, banjir datang lebih dari 3 (tiga) kali masuk ke halaman rumah yang menyebabkan mobil saya terendam.
Karena tidak ada asuransi, maka biaya perbaikan mobil ditanggung sendiri dan saat itu nominal yang harus dikeluarkan lumayan besar dan merogoh kocek yang tidak sedikit karena hampir semua spare part pada mobil harus diganti dengan yang baru.
Sejak saat itu saya bertekad harus punya asuransi untuk jaga-jaga ke depannya.
Singkat kata, hasil pencarian dari internet, saya memutuskan untuk membeli asuransi mobil dari salah satu portal asuransi berbasis online atau biasa disebut market place asuransi. Mereka menawarkan berbagai macam produk asuransi, bukan hanya mobil, namun ada juga asuransi kesehatan, asuransi properti dan lain-lain.
Tim Customer Servicenya sangat membantu saya untuk memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, berbagai pilihan cakupan tersedia, tinggal pilih mau yang mana, ada yang All Risk atau hanya TLO (total loss only) saja. Tentu saja dengan cakupan All Risk preminya lebih mahal dibanding TLO.
Pilihan metode pembayaran premi juga banyak antara lain debet rekening, debet kartu kredit atau virtual account. Tidak sampai satu minggu, kontrak polis sudah diterima.
Waktu berjalan hingga tiba musim hujan pada tahun 2021, berharap bahwa tidak lagi kebanjiran, namun kenyataannya pada tahun tersebut banjir kembali melanda dan mobil kembali terendam.
Saat itu memang sama sekali di luar prediksi, durasi hujan yang singkat namun intensitas dan curah hujannya sangat tinggi sekitar 300 mm/hari, alhasil mobil terendam 2 kali selama 2 tahun berturut turut.
Mobil yang terendam banjir saya ajukan klaim ke pihak asuransi melalui Customer Service market place. Proses klaim sangat mudah dan cepat, masuk ke bengkel rekanan asuransi dan diperbaiki kurang lebih 3 minggu karena kerusakan yang sama parahnya dengan tahun sebelumnya.
Secara keseluruhan pengalaman pertama menggunakan asuransi sangat berkesan dan puas terhadap pelayanan dari perantara asuransi (market place) maupun perusahaan asuransi.
Untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap nasabah asuransi, saran agar ke depannya, perusahaan asuransi atau pihak ketiga (market place) agar secara rutin mengingatkan nasabah untuk premi polis akan jatuh tempo, misal diingatkan 2 (dua) atau 1 (satu) bulan sebelum masa pertanggungan polis berakhir, agar nasabah lebih aware dan nasabah dapat menyiapkan dana jauh-jauh hari untuk pembayaran premi selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar