


by hanifsofyan-acehdigest
Pasal 31 Ayat 1 dan 2 UUD 1945 “Tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran” dan “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pengajaran nasional,yang diatur dengan undang-undang”.
Liyan adalah sebuah dusun kecil di daerah perbukitan di wilayah Palu, Sulawesi Tengah. “Sekolah Gunung” mereka harus ditempuh dengan berjalan kaki berjam-jam, melintasi bukit melalui jalan setapak. Dulu, bahkan harus dibantu menggunakan akar pohon untuk bisa naik ke bukit menuju sekolah terpencil itu. Ridwan, Asdia dan Mesak Soda adalah para perintis yang hingga hari ini terus membagi hati dan keringatnya untuk kemajuan dusun kecil itu, semata-mata karena kasih sayang dan kecintaannya pada anak-anak. Mereka yang punya tekad tapi tak punya kesempatan seperti anak lainnya untuk bisa mengenyam bangku sekolah. Tak penting bersepatu atau tidak, yang utama, mimpi bisa sekolah-nya tercapai. Sesederhana itulah keinginan dan mimpi mereka, yang terus dan berusaha dibangun oleh laiknya pasukan elit tri musketeer “dari Palu, hingga hari ini, hingga detik ini.
Kisah miris guru di daerah terpencil, dalam memperingati hari guru 25 November 2011 ini, adalah sebuah kisah dan “ruang” kontemplasi. Untuk mengingatkan banyak orang tentang “peran” guru berdedikasi tinggi namun terabaikan dalam hingar bingar “gemerlap” program pendidikan dan upaya membangun generasi “melek huruf”.
Kisah ini adalah “puncak gunung es”, karena begitu banyak kisah asdia lain yang belum terekspos oleh media, sebagai corong penyambung lidah para guru “pejuang”, yang berjibaku membangun negeri Indonesia dengan dedikasi dan caranya tersendiri. Dengan Misi sederhana merubah nasib anak didik layaknya merubah nasib anaknya sendiri. Jika Semua orang berpikir sesederhana itu, kiranya anak-anak Indonesia akan bisa menikmati “tanah airnya” sendiri. Kisah ini sekaligus menjadi “cambuk” bermata dua bagi pemerintah dan para pihak berkompeten yang selama ini berbicara banyak tentang pendidikan, tentang kualitas. Sementara jauh diwilayah antah berantah masih di dalam negeri kita, ada anak tanpa sepatu yang bercita-cita tinggi dan mulia untuk terus belajar agar bisa merasa memiliki negerinya sendiri, dengan dibimbing oleh guru-guru mulia yang bermimpi sederhana supaya anak-anaknya kelak menjadi lebih baik, lebih mengenal dan mencintai negerinya sendiri.
Pelajaran lain yang bisa dipetik dan harus terus dibangun adalah, teruslah menuliskan tentang kisah para “guru pejuang”, dimanapun agar menjadi cambuk bagi kita untuk lebih memperhatikan nasib mereka yang hari ini, ketika orang riuh berdemo dan menuntut UMR, sementara mereka mesin pencetak generasi baru hanya mendapatkan sepertiga dari UMR yang seharusnya di terima oleh banyak orang. Mereka berhak mendapatkan lebih dari sekedar UMR dan status yang tak lagi hanya sekedar Honorer!.
Tokoh:
1.Ridwan (kepala sekolah) Misi:” mengajak orang belum tau menjadi tau, mengajak orang yang belum mau menjadi mau”.
2.Asdia yang biasa ditemani putrinya 3 tahun saat bertandang kesekolah gunungnya, (guru Honorer, sejak 1996 hingga sekarang gaji Rp.350.000,-/bulan/dibayar per 3 bulan), Misi: “ Agar anak-anak menjadi lebih baik, kerja lebih baik dan nasibnya berubah menjadi lebih baik dari sekarang”. (kurang lebih 15 tahun honorer, dengan penghasilan Rp. 350.000,-x12 bulan x 15=Rp63.000.000,-). Bayangkan jika Ia menerima dana layaknya UMR dan insentif tambahan atas dedikasinya di daerah sangat terpencil?. Mari berhitunglah setidaknya hitungan itu adalah hitungan nasib dan kerja keras yang telah mereka lakukan selama tak kurang dari 15 tahun.
3.Mesak Soda (Guru Honorer, sejak 1982 hingga sekarang gaji Rp.350.000,-/bulan/dibayar per 3 bulan). (kurang lebih 29 tahun honorer, dengan penghasilan Rp. 350.000,-x12 bulan x 29=Rp.121.800.000,-).
Perjuangan mereka adalah cermin kesungguhan “guru” dalam makna yang sesungguhnya. Ketika dedikasi mereka melampui “batas” tanggungjawab yang seharusnya mereka tanggung. Lalu dimana peran pemerintah?, apakah mereka harus selalu menjadi pihak yang terlambat bertindak? Atau justru diuntungkan dengan begitu banyaknya guru-guru “patriot” yang berjuang dengan bayaran “alakadarnya”?. Ataukah karena dunia pendidikan kita tengah lebih disibukkan dengan “proyek-proyek pendidikan” sehingga proses “memanusiakan manusia” melalui pendidikan ala Paulo Freire terabaikan?. Ratusan hingga ribuan “patriot” pendidikan saat ini tengah menantikan “harapan”, yang pasti tidak saja untuk dirinya, tapi lebih pada harapan “sekolah layak” untuk anak-anak didiknya.
Laiknya sebuah sekuel film, Liyan adalah sekuel dari kisah Laskar Pelangi. Kisah-kisah dalam layar lebar kehidupan yang tak pernah menginjakkan kakinya di bioskop, sehingga tak pernah ketahuan rating dan pemeran utamanya. Dan penghargaan layaknya “piala citra” tak pernah masuk dalam agenda “panggung perfilman kehidupan”.Dan bagaimana dengan kisah yang sama di Nanggroe Aceh kita? [hans-acehdigest]
SWARA LIYAN TVRI 30 NOVEMBER 2011 Produser : Pipiet Trianto
Contact Number :0852 1036 4141 Facebook-swara liyan TVRI
Small SDN story Liyan (Part Affairs of Indonesia also)
Small SDN story Liyan (Part Affairs of Indonesia also)
Article 31 Paragraph 1 and 2 of the 1945 Constitution "Every citizen is entitled to teaching" and "Government establish and conduct a national educational system, which is regulated by law".
Liyan is a small hamlet in the hills in the area of Palu, Central Sulawesi. "Mountain School" they must be reached by walking for hours, across the hill through the path. First, even using the root of the tree should be assisted to get up the hill toward the school's remote. Ridwan, Asdia and Mesak Soda are the pioneers who to this day continues to divide the liver and sweat for the progress of the little hamlet, solely because of compassion and love of children. Those who have a determination but had no opportunity as other children to be received his school. No significant shod or not, the principal, the school of his dreams could be achieved. Simple as that's wishes and their dreams, which continue and try to be built by the elite tri Like the musketeers "of the hammer, until today, until this moment.
Sad story of teachers in remote areas, teachers in commemorating the day 25 November 2011, is a story and "space" contemplation. To remind people about the "role" highly dedicated teachers but overlooked in the frenetic "sparkle" educational programs and efforts to build a generation of "literacy".
This story is the "tip of the iceberg", since so many other asdia stories that have not been exposed by the media, as the mouthpiece of a mouthpiece for the teachers "warriors", Indonesia is struggling to build the country with dedication and the way of its own. With the simple mission to change the fate of students as change the fate of his own son. Everyone thinks if it were, would Indonesian children will be able to enjoy the "homeland" itself. The story is both a "whip" a double-edged for the government and the competent parties who had been talking a lot about education, about the quality. While much is still in the middle of nowhere in the region in our country, there are children without shoes who aspire to high and noble to keep learning in order to feel ownership of their own country, guided by teachers so noble a simple dream that their children would be better , get to know and love their own country.
Another lesson to be learned and should continue to be built is, continue to write about the story of the "teachers fighters", wherever that be a whip for us to pay more attention to their fate today, when the boisterous march and demanded minimum wage, while those new generation printing machine just get a third of the minimum wage should be received by many people. They deserve more than minimum wage and status are no longer just Honorer!.
Figures:
1.Ridwan (principals) Mission: "to invite people do not know to know, ask people who do not want to be like".
2.Asdia usually accompanied by her daughter three years now visit the mountain to school, (teachers Honorer, from 1996 to present salary Rp.350.000, -/bulan/dibayar per 3 months), Mission: "To the kids get better, work more good and his fate changed for the better from now on ". (Approximately 15 years honoree, with an income of Rp. 350,000,-x12 months x 15 = Rp63.000.000, -). Imagine if he received the funds as the minimum wage and an additional incentive for his dedication in very remote areas?. Let's Count at least count it is a matter of luck and hard work they have done for not less than 15 years.
3.Mesak Soda (Master Honorer, since 1982 to the present salary Rp.350.000, -/bulan/dibayar per 3 months). (Approximately 29 years honoree, with an income of Rp. 350,000,-x12 months x 29 = Rp.121.800.000, -).
Their struggle is mirrored sincerity "teacher" in the true meaning. When the dedication they exceeded the "limit" they are supposed to bear responsibility. Then where the role of government?, Whether they should always be the party too late to act? Or actually benefited by so many teachers of "patriots" who fought for a fee of "spurious"?. Or is it because our education was more preoccupied with "educational projects" so the process of "humanizing of man" through education a la Paulo Freire ignored?. Hundreds to thousands of "patriotic" education is currently waiting for "hope", which is definitely not just for himself, but rather on expectations "school appropriate" for young protege.
Like a sequel to a movie, Liyan is the sequel of the story of Laskar Pelangi. The stories in the big screen of life who never set foot in the cinema, so it never caught ratings and play the lead. And the award as "trophy image" was never on the agenda "film stage of life". And what about the same story in Aceh us? [Hans-acehdigest]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar