https://austsfsnapshot.wordpress.com/2016/08/07/2016-snapshot-gillian-rubinstein-lian-hearn/
https://dianawynnjones.fandom.com/wiki/Diana_Wynn_Jones
Lian Hearn adalah seorang penulis yang lahir dan besar di Inggris. Namun semenjak tahun 1993, dia hijrah ke Australia dan menetap disana. Nama asli Lian Hearn adalah Gillian Rubinstein. Namun karena ingin membawa dirinya masuk ke dalam kehidupan Jepang, maka ia mengganti namanya menjadi Lian Hearn.
Jadi bisa dibilang bahwa Lian Hearn adalah nama samaran Gillian Rubinstein dalam karya sastra Jepang. Nama Lian sendiri diambil dari namanya Gillian. Sedangkan nama Hearn diambil dari nama seorang penulis kenamaan Jepang, sekaligus merupakan lambang dari Klan Otori klan yang menjadi sentral penceritaan dalam karya novelnya, yang berarti bangau.
2016 Snapshot Gillian Rubinstein--Lian Hearn
Interview by Tehani Wessely
Lian Hearn adalah nama samaran yang digunakan oleh penulis Australia kelahiran Inggris, Gillian Rubinstein untuk fantasi abad pertengahan yang terinspirasi Jepang, Tales of the Otori (2002-2007) dan The Tale of Shikanoko (2016) Buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa dan diterbitkan di seluruh dunia. Dia juga telah menulis dua novel sejarah, berlatar Jepang abad ke-19, Blossoms and Shadows dan The Story Teller and his Three Daughters.
Dalam inkarnasi sebelumnya Gillian menulis lebih dari tiga puluh buku untuk anak-anak dan remaja, serta sejumlah drama, memenangkan banyak penghargaan dan menginspirasi banyak penulis muda. Sebelumnya ia bekerja sebagai kritikus film, jurnalis lepas dan editor di London dan Sydney. Dia tinggal selama tiga puluh tahun di Australia Selatan dan sekarang tinggal di kawasan Northern Rivers di New South Wales.
Seri terbaru Anda, The Tale of Shikanoko, dirilis tahun ini dalam empat bagian hanya dalam beberapa bulan – ini merupakan upaya yang luar biasa! Apa yang bisa Anda sampaikan kepada pembaca tentang buku tersebut, dan proses produksinya agar bisa dirilis dalam rentang waktu sesingkat itu?
Saya mulai menulis buku ini pada bulan Februari 2012. Saya mendapat ide ini sejak tahun 2010 ketika saya melihat para pemuda menari tarian rusa di prefektur Iwate. Saya tertarik untuk membuat sesuatu di dunia yang sama dengan Tales of the Otori, tetapi beberapa ratus tahun sebelumnya.
Saya menghabiskan satu tahun memikirkan tentang karakter, membaca latar belakang dan meneliti Jepang abad ke-12, kepercayaan agama, makhluk gaib, dan agama Buddha esoterik. Pada bulan Maret 2011, gempa bumi dahsyat, tsunami, dan kecelakaan nuklir melanda Jepang dan tragedi ini membayangi tulisan ini.
Metode saya yang biasa adalah terus menulis dan menulis ulang sendirian sampai saya memiliki sesuatu yang dengan senang hati saya tunjukkan kepada agen saya; dalam hal ini terjadi pada akhir tahun 2014. Kisah Shikanoko sebenarnya merupakan sebuah cerita yang panjang, namun secara alami terbagi menjadi empat bagian.
Gelar-gelar tersebut mengalami beberapa kali perubahan namun berakhir sebagai: Kaisar Pulau Delapan; Putri Musim Gugur, Anak Naga; Penguasa Kayu Gelap; Permainan Go Tengu. Penerbit saya di Australia, Hachette, memutuskan untuk menerbitkannya sebagai dua buku (Emperor of the Eight Islands dan Lord of the Darkwood) tetapi Sean McDonald di Farrar Strauss & Giroux ingin membuat keempatnya secara berurutan dalam waktu enam bulan.
Saya sangat tertarik untuk melakukan ini karena cocok dengan struktur buku dan tampaknya cukup inovatif – Sean telah melakukan hal serupa dengan sukses besar dengan Southern Reach Trilogy karya Jeff Vandermeer. Karena peraturan impor paralel, ini berarti Lord of the Darkwood juga harus dirilis di Australia pada bulan Agustus. Itu berarti tahun yang sangat intens dalam penyuntingan, penyalinan, dan pembacaan ulang kedua edisi tersebut.
Untungnya saya tidak perlu melakukan hal yang sama untuk edisi Inggris, yang diterbitkan dalam dua volume tetapi selang waktu delapan bulan. Tapi itu juga sangat menarik setelah terungkapnya karya seni dan desain bukunya. Saya menantikan terjemahan dan sampulnya dalam bahasa asing – sejauh ini Jerman, Prancis, Indonesia, dan beberapa negara lain telah menandatangani kontrak.
Ada banyak diskusi online dalam beberapa tahun terakhir tentang perampasan budaya dan isu-isu yang terkait dengan menulis dalam budaya yang bukan budaya Anda – mengingat latar buku Otori dan Shikanoko, saya ingin tahu bagaimana Anda menghindari jebakan dalam melakukan hal ini ?
Saya sangat ragu untuk menulis Tales of the Otori. Saya terpikat oleh karakter-karakternya dan saya sangat ingin menceritakan kisah tersebut, namun tampaknya ini adalah usaha yang sangat berisiko. Menerima beasiswa Asialink pada tahun 1999 memberi saya rasa percaya diri.
Saya bertekad untuk belajar bahasa Jepang dan mendalami budaya dan sejarah Jepang, serta menghabiskan waktu sebanyak mungkin di sana. Yang terpenting, saya ingin menghindari stereotip dan klise, dan menulis tentang wanita dan orang biasa serta pejuang dan pembunuh. Ada baiknya jika duniaku adalah dunia fantasi, namun didasarkan pada lanskap nyata yang sudah sangat kukenal.
Saya selalu terdorong oleh cara seniman dan penulis Jepang meminjam dari seluruh dunia, jadi Anda memiliki manga yang berlatar di Inggris zaman Victoria atau perang saudara Amerika atau kerajaan Raja Arthur.
Saya pikir budaya selalu mengambil dari satu sama lain, dan disilangkan dengan cara yang kaya dan kreatif. Tentu saja ada bahaya eksploitasi dan penafsiran keliru yang harus dilawan oleh individu. Ini biasanya merupakan pertanyaan tentang kesadaran di mana letak kekuasaannya.
Anda menjadi tamu kehormatan di Swancon tahun ini – seperti apa pengalamannya?
Saya sangat menikmati waktu saya di Swancon. Itu juga merupakan penipuan pertama yang pernah saya alami. Panelnya membahas topik yang menarik dan saya bertemu dengan beberapa orang luar biasa. Saya menyukai suasana Swancon yang inklusif dan santai. Saya juga diundang ke SupaNova di Brisbane pada bulan November.
Anda telah menulis dalam berbagai genre mulai dari fantasi sejarah hingga fiksi ilmiah, untuk pembaca yang sangat berbeda. Apakah perubahan gaya merupakan sesuatu yang terjadi seiring berjalannya waktu, atau apakah Anda selalu memiliki beragam cerita untuk diceritakan?
Saat saya menulis buku anak-anak, saya menyukai adanya genre dan bentuk untuk setiap ide, mulai dari teks buku bergambar hingga novel yang rumit. Saya juga bekerja di teater anak-anak, sebagai penulis beberapa drama, sering kali teater gambar atau teater fisik.
Kebanyakan novelku ya, ada unsur fantasi di dalamnya, tapi jenis fantasinya sangat berbeda. Saat ini saya sedang memikirkan kumpulan cerita yang terasa sedikit menyeramkan.
Tapi saya suka dengan bidang fantasi sejarah yang saya tulis sekarang, menurut saya cocok dengan gaya dan pola pikir saya. Orang sering mengatakan bahwa karya saya sekarang terbaca seolah-olah merupakan terjemahan dari teks kuno, dan itulah efek yang saya cari.
Sebagai catatan, tim wawancara Snapshot membuat saya menanyakan pertanyaan ini: akankah ada lebih banyak buku Gillian Rubinstein?
Mungkin tidak!
Pekerjaan Australia apa yang Anda sukai akhir-akhir ini?
Saya pikir Cleverman dan Barracuda, dalam cara yang berbeda, adalah contoh inspiratif dalam penyampaian cerita visual. Saya sangat menyukai Monkey (Journey to the West) versi terbaru dari Theater of Image. Dalam fiksi saya menemukan ide-ide dalam Clade (James Bradley) brilian dan mengganggu dan saya menyukai A Wrong Turn at the Office of Unmade Lists karya Jane Rawson.
Penulis mana (yang masih hidup atau sudah meninggal) yang paling ingin Anda duduk di sampingnya dalam perjalanan jauh dengan pesawat dan mengapa?
Diana Wynne Jones, inspirasiku untuk menjadi seorang penulis, dan sahabat yang paling cerdas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar